Catatan Perjalanan BUYBRAM ke Gunung Rinjani

8:22 AM 0 Comments

Gunung Rinjani

Puncak Anjani adalah dambaan semua para pendaki, tidak hanya dalam negeri saja orang luarpun banyak yang datang kemari. Disini saya akan menceritakan perjalanan saya ke rinjani dengan rincian biaya kesana (2014) untuk panduan para pembaca menuju kesana,

Pendakian
Bace Camp-Batas Kawasan
Saya melakukan pendakian pukul 8 pagi disitu saya dengan 3 teman dan 1 porter mengunakan Pick up sampai batas kawasan dengan waktu 20 menit, atau bisa juga di tempuh dengan jalan kaki dengan waktu 1jam.

Batas Kawasan- Pos 1
Setelah Kami melihat gapura selamat datang di kawasan gunung rinjani itu menandakan sudah harus mulai berjalan di luasnya sabana gunung rinjani dengan terik matahari yang cukup panas, disarankan membawa Kaca mata dan masker

Pos 1- Pos 2
Perjalanan datar dan berdebu serta panas terik menguras persediaan air kami, dan setelah 1,5 jam kami sampai di pos 2, ditandai dengan jembatan, disitu juga terdapat mata air.
Pos 2- Pos 3
Masih sama dengan track tanah berpasir kita menyusuri luasnya sabana tanah Sembalun ini, dengan waktu 2 jam kita sampai ke pos 3, namun sebelum sampai pos 3 kita juga melewati pos banyangan untuk tempat pertistirahatan dan meneduh, disitu kami membuat makan dan bersiap untuk mendaki yang namanya "bukit 7 peneyesalan".
Pos 3- Pos 4 (7 Bukit Penyesalan)
Ya ini yang kami tunggu tunggu dengan nama jalan yang membuat nyali ciut untuk para pendaki, terntaya memang benar kita dihajar dengan tanjakan yang luar biasa tanpa bonus dan tanjakan hanpir 45 derajat membuat kita harus banyak istirahat untuk men charge energi lagi. 4 jam kita habiskan untuk trek ini, tepat pukul 18.00 kami sampai di Plawangan Sembalun.
Pelawangan-Puncak
Setalah membangun tenda, kami sholat dan langsung tertidur pulas untuk bangun di pukul 1 dini hari untuk menuju ke puncak. ya pukul 1 saya bangun dengan dingin yang luar biasa Jaket Double Polar saya pakai dan membangunkan teman saya, namun dia bilang tidak dapat melanjutkna karena kelelahan, ya saya harus melanjutkan pendakian sendiri sampai menemukan pendaki lain. medan pasir berbatu dengan kemiringan diatas 45 derajat nafas juga sudah sangat susah, embun yang turun diatas rambutpun menjadi butiran es. itu pengalaman luat biasa saya bisa sampai di puncak pukul 5.30, kami menginjak salah satu puncak tertinggi di indonesia 3726 mdpl dan gunung terindah di Indonesia.

Plawangan- Segara Anak
Jika anda ke Rinjani jangan sampai melewatkan danau segara anak surga gunung rinjani, setelah turun dari puncak kami langsung packing turun ke danau tersebut, disana kami membutuhkan waktu 3 jam untuk kesana. harus hati hati karena jalan sangat riskan. dan banyak orang meninggal disana. namun setelah melihat dari kejauhan tmapak sebuah danau kami langsung berlari dengan semangatnya, indah seklai, di belakang danau ada tempat pemandian air panas yang sangat luar biasa, dapat mengembalikan kekuatan dan energi pendaki untuk melanjutkan perjalan (HARUS COBA).
di danau kita juga bisa mancing karena banyak ikan hahah.

ANGGARAN
Jogja-Banyuwangi (kereta api Ekonomi) 110 rb (dari stasion ke pelabuhan hanya jalan kaki 5 menit)
Banyuwangi- Bali (kapal) 8rb
Pelabuhan Gilimanuk ke Padang bai= (bus)65rb
Padang Bai- Pelabuhan lembar (kapal)40 rb
Lembar-Terminal Mandalika 25 rb
Mandalika-Pasar Aikmel (angkutan desa)20 rb
Aikmel-Sembalun (pickup) 20 rb

SARAN
Jika kerinjani bawa Kacamata, Buff, Pacing akan sangat membantu, saat perjalnaan ke basecamp alangkah lebih baiknya membawa banyak teman agar mudah dan murah jika mencarter angkutan, waspada dengan kuli angkut di Terminal Mandalika karena banyak yang jadi tukang palak.

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.