Apa saja sih yang perlu dilakukan sebelum naik gunung?

2:32 AM 3 Comments


 Mendaki gunung ialah suatu kegiatan luar ruanganan yang memiliki resiko tinggi, selain harus fit kondisi tubuh, teman yang berpengalaman, serta perlengkapan yang memadahi dan juga cuaca yang mendukung agar mendaki gunung menjadi kegiatan yang menyenangkan bukan malah menjadi bencana.


Persiapan pertama adalah merencakanan pendakian ini adalah aspek paling penting karena dengan rencana yang matang kegiatan akan menjadi nyaman, pilih gunung yang akan didaki pilih sesuai dengan kemampuan pendaki jika masih pemula diusahakan dengan gunung yang memiliki ketinggian yang rendah dan juga medan yang tidak sulit, seperti Andong, Ungaran, Lawu, dll. Lalu pilih teman yang pernah mendaki dan tahu rute perjalanan disana. Setelah di tentukan sekarang merencakan waktu pendakian dengan melihat dai aspek cuaca, bagaimana kita tau? ACCUWEATHER kalian bisa search kota dimana gunung itu berada, dan akan di ketahui cuaca disana per jamnya, apakah hujan, berangin atau terang.

Persiapan Kedua peralatan ya digunung tanpa peralatan akan sulit adanya, karena dengan peraltan mendaki akan mempermudah pendakian, Tenda disahakan yang double layer karena aman dari hujan dan angin, Carier untuk mengangkat perlengkapan lainnya, sleepingbag harus dibawa untuk menghangatkan tubuh saat tidur jika tidak bawa silahkan menikmati dinginnya malam di gunung ada dua tipe sleeping bag yaitu dacron (bisa menyesuaikan suhu) dan polar (cocok huntuk keadaan dingin saja). Matras,  jas hujan, sepatu pendakian jaket dan lain lain.  Jika ingin mendaki gunung yag berpasir disarankan menggunakan Gaiter agar pasir tidak masuk ke sepatu (Merapi, Rinjani, Semeru). Peralatan harus memadahi jika tidak punya bisa menyewa di http://penyewaanalatgunungsemarang.blogspot.com/com . jangan lupa bawa kotak P3k

Persiapan ketiga adalah fisik saat pendakian harus dalam keadaan fit karena mendaki adalah kegiatan yang termasuk berat juga jangan sampai memaksakan dan merepotkan teman pendakian. Yang terakhir adalah berdoaa..

Terima kasih sudah membaca artikel kami.


BY BUYBRAM ADVENTURE

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

3 comments:

  1. Siiip masukkannya..... Taklukkan ego kita sebelum Taklukkan gunung..... 😛

    ReplyDelete
  2. Siiip masukkannya..... Taklukkan ego kita sebelum Taklukkan gunung..... 😛

    ReplyDelete
  3. Siap ibu terima kasih sudah berkunjung..

    ReplyDelete