Gunung Prau 2565 mdpl

9:50 AM 1 Comments

Gunung prau terletak di kabupaten Wonosobo yang termasuk daratan tinggi Dieng Jawa Tengah, pada puncak dari Gunung Prau merupakan tapal batas antara 3 kabupaten yaitu, kabupaten Wonosobo, kabupaten Kendal dan kabupaten Batang, dengan koordinat 7°11′13″LU 109°55′22″BT.Pada perjalanan kali ini untuk menuju Puncak jalur Patak Benteng yang kami pilih.  Karena jalur tersebut ialah jalur  yang memilki waktu tempuh paling singkat anata 2-3,5 jam perjalanan.

Transportasi menjuju Basecamp

Dari Terminal Banjarnegara menggunakan angkutan arah wonosobo, turun di Patak Banteng letak basecamp berada pada Balai desa Patak Banteng. Jika dari utara, timur, maupun selatan, para pendaki melewati kabupaten temanggung, dan Wonosobo. Beranjak dari simpang 3 Desa Madurasi, atau bisa juga dari Terminal Mandolo Kota Wonosobo, dengan menumpang mini bus Jurusan Wonosobo – Dieng. Turun di Kantor Balai Desa Patak Banteng, yang letaknya berada disebelah kiri jalan. Namun jika para pendaki menggunakan angkutan pribadi, bisa melalui jalan menuju banjarnegara langsung tanpa melewati kota wonosobo

Basecamp-Pos 1

Perkampungan warga dengan tanjakan tajam ialah sarapan pada gunung ini, jarap perjalanan ke pos satu berkisar 500-1 km dengan kondisi dejarat kemiringian yang tinggi sangat menguras tenaga dan dapat di tempuh dalam waktu 15-30 menit perjalanan, setelah sampai pos satu ditempat tersbut ada gubug yang terletak pada tengah sawah.

Pos 1- Pos 2

Setalah menghela nafas kembali menanjak lagi menuju pos 2 dengan perkiraan waktu 15-30 menit, masih tetap menanjak namun tidak setajam pada pos 1, pada pos 2 terdapat tanah lapang yang dapat di dirikan 2 buah tenda dome ukuran 4-6 orang. Dan terdapat sebuah warung namun hanya buka saat banyak orang yang mendaki gunung tersebut.

Pos 2- Pos 3

Perjalanan menuju Pos 3 dengan pandangan sekitar ialah  hutan,  dengan waktu perjalanan 30-1 jam perjalanan dan memiliki trak yang cukup licin diharap saat mendaki tidak terburu buru dan mencari pengangan agar tidak jatuh.  Sama seperti pos 2 pada pos ini terdapat lahan lapang yang dapat didirikan 2 tenda kapsitas 4 orang.

Pos 3- Bukit Teletabis

Langkah langkah terakhir menuju puncak trak untuk menuju bukit merupakan trak terberat pada pendakian ke gunung praum dengan perkiraan perjalanan 40-1 jam. Dan mulai terlihat bunga daisy di sepajang perjalanan, bungadaisy atau aster termasuk ke dalam famili Asteraceae (keluarga bunga matahari), yang merupakan kelompok terbesar dari tanaman berbunga. Hingga saat ini ada lebih dari 12.000 spesies bunga ini dengan berbagai warna, ukuran, dan bentuk berbeda yang telah teridentifikasi bunga ini merupakan mascot dari gunung ini.

Bukit Teletubies-Puncak

Karena Gunung Prau memilki puncak seribu bukit jadi perjalanan dai bukti ke puncak hanya 5 menit, puncak gunung ini ditandai dengan patok batas wilayah. Dan puncak gunung ini dapat menangpung ribuan orang dan ratusan tenda, di puncak kita dapat melihat Sunset dan Sunrise yang indah di dataran tinggi dieng ini.



Biaya dan Tips Pendakian

10.000 untuk SIMAKSI Basecamp

Karena di gunung prau tidak memiliki mata air maka saat melakukan persiapan pendakian harus membawa air yang cukup dan lebih baik mempunyai cadangan lebih.


Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

1 comment:

  1. rekomendasi untuk Liburan, Kegiatan Outdoor.
    safety first, aman, nyaman .

    ReplyDelete