Catatan Perjalanan BUYBRAM ke Gunung Ungaran 2050 mdpl

3:34 PM 0 Comments

            

         Gunung ungaran merupakan gunung yang paling dekat dengan ibu kota jawa tengah yaitu Semarang, dengan ketinggian 2050 mdpl gunung ini cocok bagi pemula karena tidak terlalu terjal,  medan tanah yang di tutupi oleh rimbunnya hutan, Gunung Ungaran memiliki beberapa pos pendakian, namun saya akan menceritakan pendakian saya dengan melewati pos mawar.

Perjalanan Ke Basecamp Mawar

Bacecamp mawar ialah basecamp yang paling sering dilewati oleh para pendaki, letak basecamp ini diatas dari tempat wisata Umbul Sidomukti di desa Bandungan,  jika mau kesana bisa seach di GPS “umbul sidomukti” nanti dari situ masih naek lagi kira kira 20 menit. Arah Semarang-Solo belok kanan setelah melihat gapura gedung songo, lurus ikuti rambu ke arah gedong songo sampai nanti ada pasar disitu ada papan bertuliskan basecamp mawar belok kanan lalu naek sampai basecamp.

Basecamp- Puncak


Ya di basecamp seperti biasa kita mengisi daftar hadir dan membayar biaya pendakian, lalu kami berdoa untuk dimudahkan perjalanan,  Let go ! dari basecamp naik ambil jalur ke tempat perkemahan lurus nanti ada rambu rambu “Puncak” belok kiri.  Ya jalan setapak dihiasi rumput kita lewatin memasuki hutan “hati hati sebelah kanan anda jurang” setelah 1 jam perjalanan kita akan melewati sebuah kolam “entah itu kolam renang tapi air nya jernih bisa di minum juga, setelah itu kita memasuki perkebunan teh dengan jalan berbatu nanti ada pertigaan ke promasan dan ke puncak kalo ke puncak belok kiri, pendaki juga bisa ngecamp di promasan karena lahannya datar dan luas, tapi saya sudah merencanakan untuk camp di puncak. Lanjutt.... setelah kebun teh kita masuk lagi ke hutann, yak disini kita memasuki hutan, saya namai hutan tersebut dengan hutan “tumbang 17” karena ada 1 pohon tumbang yang melitang di jalur pendakian.  Seru juga malem malem lompat lompat .  30 menit kita lewatin hutan akhir nya kita keluar dan jalur mulai sedikit ekstrim karena banyak dengan bongkahan batum tapi ini tanda jika puncak sudah dekat. Yap betul puncak sudah di depan mata dengan gapura TNI nya. Total perjalan perdakian kami 4 jam. Kita mulai perjalanan pukul 11.30 dan sampe puncak 3.30 disana kamu mendirikan tenda membuat minuman hangat sambil bercanda gurau dengan menunggu matahari terbit.  Pagi tiba matahari mumcul dengan malu malu. Walaupun bukan tergolong gunung tinggi namun memiliki sunrise yang cukup indah.

GPS Track summit Gunung Ungaran 3D
 Jarak basecamp mawar-puncak 4.4 km
Bc-ponjojiwo 760 m
Ponjojiwo-pos kolam air 1,4 km
Pos kolam-pos bukaan 1,8 km
Pos Bukaan-Puncak 600 m.
Elevasi 20-45 derajat1.
Terdapat zona rawan tersesat yang sering terjadi oleh pendaki gunung ungaran.

Normal Perjalanan 3-4 Jam
Tiket 5 ribu


Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: