Semeru 3676 mdpl

7:17 AM 0 Comments

Semeru 3676 mdpl.

Atap teringgi jawa yang berada di taman nasional Bromo Tengger Semeru. Gunung yang terbagi di dua kabupaten malang serta lumajang ini merupakan gunung gempar setelah rilisnya film 5 cm yang menampilkan sudut sudut yang indah dari gunung Semeru yang membuat semua orang ingin mendakinya. Dibawah ini merupakan catatan perjalanan Buybram Adventure mendaki gunung Semeru.

Basecamp

Ranupani merupakan Basecamp dan pusat informasi resmi dari gunung Semeru yang berada di ketinggian diatas 2000 mdpl. Bagi para pendaki yang akan mendapatkan briefing dari Ranger basecamp sebelum pendakian. Jika perlengkapan pendakian belum lengkap disana terdapat tempat penjualan alat alat mendaki serta toko toko logistic.

Pendakian Basecamp-Ranukumbolo

Pada pukul 3 sore setelah sholat ashar kami memulai pendakian, trek yang pertama kita lalui ialah perkebunan warga sampai dengan gerbang “selamat dating para pendaki gunung semeru” kita ikutin jalan yang mulai merangkak naik lalu kita belok kiri dan mulai memasuki jalur pendakian yang sudah dipasangi paving blok. Perjalanan dari basecamp sampai pos 3 masih tergolong landai jika ada tanjakan yang panjang dan setiap pos terdapat penjual gorengan serta buah untuk melepas dahaga serta lapar. Setelah pos 3 menuju ke Ranukumbolo tanjakan pun dimulai. Banyak tanjakan- tanjakan panjang yang membuat habis nafas. Target kami pada pukul 7 sudah sampai pada ranukumbolo, namun pada kenyatannya kami sampai pada pukul 9karena ada teman kami yang mengalami cidera Engkel. Setelah perjalanan 6 jam kami beristirahat di Danau yang berada di ketinggian 2400 mdpl Danau Ranukumbolo.

Ranukumbolo-Kalimati

Pada hari kedua mulai pendakian dengan tenaga penuh setelah tidur nyenyak bersama ribuan bintang di danau ranukumbolo. Setelah kami sholat, Sarapan dan berbenah tenda kami berangkat pada pukul 10 pagi. Langsung disajikan yang namanya “tanjakan cinta”, apa itu tanjakan cinta? Tanjakan cinta merupakan jalur yang menaiki suatu bukit yang kira kira panjang dari tanjakan itu kurang lebih 300-500 meter yang mempunyai mitos jika mendaki jalur tersbut dengan memikirkan orang yang kita saying maka orang tersebut akan menjadi cinta sejati kita tanpa menoleh kebelakang saat berjalan. Ceritanya sih begitu. Setelah melewati tanjakan cinta kami melihat tanah lapang yang banyak di tumbuhi  Tanaman berwarna ungu ungu adalah Verbena Brasiliensis Vell . yang merupakan hama dari tumbuhan sekitar kerna memilki daya serap air yang luar biasa. Jadi boleh dan diajurkan bagi para pendaki untuk mencabut sampai ke akarnya. Setelah itu kami memasuki hutan pinus dan cemara sesuai dengan namanya kami melewati pos Cemara kandang. dan akhirnya kita bisa melihat puncak gunung Semeru di pos Jambangan, pos ini merupakan tempat pertama kita dapat melihat tingginya puncak Semeru.Pada pukul 3 sore kami sampai ke pos Kalimati. Kalimati merupakan Pos dimana setiap pendaki akan beristirahat sebelum pada keesokan harinya Summit ke puncak. Disana terdapat 1 rumah yang biasa digunakan oleh para porter untuk tidur.

Kalimati-Puncak

Pada pukul 2 pagi kami bangun dan mempersiapkan perbekalan kami menuju puncak gunung Semeru yang biasa di sebut “Mahameru”, Jaket tebal, gaiter serta headlamp merupakan perlengkapan yang sangat penting saat summit, jalan yang langsung tanjakan tajam tanpa berhenti. Dari trek tanah berbatu sampai dengan pasir merupakan tantangan dari pendakian ini. Batu yang mudah jatuh dari atas menuntut agar waspada dan peka jika ada suara “awas batu” dari atas untuk segera menghindar. Karena dilokasi ini sudah banyak memakan korban jiwa karena kejatuhan oelh batu atau terpeleset. Akhirnya sampai pada puncak gunung Semeru, namun saat itu masih pukul 4.40 pagi ternyata kami berjalan terlalu cepat dari rencana kami. Kami mencari batu untuk berlindung dari angin minum kopi hangat bersama serta sholat subuh.Sang Fajar pun akhirnya menampakan sinarnya kami berfoto bersama dan kemudian turun.

Tips:
1. Saat turun dari puncak harap berhati hati dan jangan mengambil jalur ke kanan, kebanyakan Pendaki tersesat karena turun dan tersesat di Blank 75.
2. Bawa Gaiter saat mendaki gunung semeru merupakan hal yang wajib.
3. Hampir disetiap pos pendakian di semeru dari pos 1 sampai kali mati ada penduduk yang berdagang.

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.