Gunung Kerinci 3805

9:06 AM 0 Comments

Gunung Kerinci merupakan gunung tertinggi di Sumatra sekaligus puncak gunung api teringgi di Indonesia, gunung yang mendapat julukan atap Sumatra adalah rumah bagi Harimau Sumatra yang saat ini sudah termasuk hewan dilindungi karena sudah terancam punah dan juga Bunga Bangkai Raflesia Arnoldi, gunung yang memilki ketinggian 3805 meter diatas permukaan laut ini termasuk didalam taman nasional kerinci seblat. dibawah ini merupakan review pendakian dari BUYBRAM ADVENTURE.

Basecamp.

Basecamp Kerinci berada di desa Kayu Aro Provinsi Jambi. Kondisi basecamp dapat menampung 50 pendaki untuk istirahat dan dilengkapi dengan 3 kamar mandi, mushola dan juga dapur karena pada dasarnya basecamp ini adalah rumah warga. Dibasecamp juga menyediakan jasa porter dengan harga 250.000per hari.

Tugu Macan-Batas Kawasan.

Maskot dari Gunung kerinci adalah tugu macan hal yang wajib bagi pedaki untuk berfoto dengan patung satu ini, tugumacan berada di samping jalan di desa kayu aro untuk memulai pendakian biasanya pendaki menggunakan pick up sampai dengan batas kawasan dengan waktu tempuh kurang lebih 10 menit.

Batas Kawasan-Pos 1

Saat masuk jalur pendakian Kerinci langsung masuk pada hutan tropis lebat yang sangat sejuk dan memiliki trek yang landai waktu tempuh kurang lebih 40 menit bagi kami untuk sampai ke pos 1, dengan kontur tanah dan juga landai pos 1 cocok bagi pendaki untuk sarapan pendakian agar tidak kaget di pos berikutnya.

Pos 1-Pos2 (Batu Lumut)
Kami lanjutkan ke pos 2 dengan waktu tempuh 57 Menit. Masih sama dengan pos sebelumnya dengan trek yang landai serta kontur tanah dan jarak tempuh tidak jauh membuat waktu k epos 2 ini masih tergolong singkat, pohon pohon besar dan monyet bisa kita temui di pos ini.

Pos 2- Pos3 (Pondok Pangrama)
Mulai dari perjalanan pos 3 tanjakan mulai kami temui keringat sudah mulai keluar walaupun hanya membawa carier 34 liter kita beristirata di pondok yang berada di pos 3 tersebut, dan hujan mulau turun jas hujan kami pakai dan gaiter sudah dipasang lanjut jalan lagi.

Pos3-Shelter 1
Nanjak makin berat hujan turun deras dan tenaga sudah terkuras tapi semangat masih membara, dari 28 orang kami sudah terpisah menjadi 4 kloter, saya berada di 2 kloter terdepan, untuk menghialngkan rasa relah saya bercengkrama dengan teman kami 1 kloter disitu ada zuma, ceper,amin, bogel, dan acil kami semua berasal dari wilayah yang berbeda kami bertemu di tenggerang untuk bernagkat bersama ke Kerinci dengan 26 orang lainnya. Tak terasa 1 jam 28 menit kami sampai di Shelter 1,  dipos ini sudah terlihat para pendaki yang membuka tenda karena sudah melewati zona aman dari jalur harimau Sumatra yang biasanya berada dari pos 1 hingga pos 3.

Shelter 1-Shetler 2

Trek disini merupakan trak paling lama yang ada di dalam perjalanan menuju puncak, jaraknya cukup jauh trak nya cukup menanajak dan juga menantang, hutan pun semakin lebat jalan semakin sempit. Perlu berulang ulang kali istirahat untuk mencapai shelter 2, 2 jam 45 menit lalu saya lanjutkan perjalanan keesokan harinya, kita camping bahagia dan menikmati masakan porter kami dan sebentar melepas lelah,

Shelter 2-3
Okey kami bangun jam 3 pagi langsung prepare dan pjam 3.30 kami berangkat dengan hanya memabwa daypack dan air 1 liter serta snack dan jangan lupa action camera.  Trak semakin menggila dengan ranting rantng membentuk seperti lorong  panjang dan juga terjal sering kali kita juga perlu clmbing dengan ranting ranting pohon disana, pasti akan susah jika melewati trak seperti ini dengan carier, 1,5 jam berlalu dan kami sampai di shelter 3,

Shelter 3-Puncak
Hutan menghilang berganti dengan plawangan dan track pasirnya, kami harus mendangak untuk melihat track yang ada hampuir sama seperti gunung merapi, 1,5 jam kami mendaki melewati “tugu yuda” dan akhirnya kita sampai di Atap Sumatra, Gunung Kerinci 3805 puncak gunungapi tertinggi di Indonesia, sebuah kebanggaan bagi para pendaki di Indonesia dapat mendaki gunung ini.

Puncak

Dengan ketinggain 3805 membuat angina sangat kencang dan suhu tergolong dingin dengan 14 derajat pada pukul 6 pagi, karena gunung ini masih aktif kita harus waspaa terhadap kawah yang mengeluarkan beleraang dan juga arah angina yang membawa belerang ke kami mengaharuskan kami turun. Karena dapat berbayaha bagi tubuh sassat menghidup belerang terlalu banyak dapat menggangu saluran pernafasan dan paru paru dan dapat berakhir kematian, dengan resiko tersbut setimpal dengan Sunrise luar biasa dari gunung ini dengan view danau 7 gunung.

Turun Gunung.
Pada pukul 7 kami turun ke shelter 2 lalu repack untuk kembali kebasecamp, pukul 13.30 kami sudah sampai batas kawasan, karena besok kami sudah pulang kami tidak akan membuang buang waktu lansung sewa pick up kami bernagkat mendaki lagi ke danau 7 gunung yang letaknya 15 km dari tugu macan gunung kerinci. Cerita danau 7 gunungnya menyusul yah..

Biaya :
Pick up                                 : 100 rb
Porter                                   : 250 rb perhari
Travel bandara basecamp    : 200 rb

Terima kasih kepada TEAM SUMMIT KERINCI sudah membawa saya ke Gunung ini dengan cerita yang panjang dan oleh oleh segudang pengalaman bersama kalian,
See you in another Top !

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.